7 Tahapan Cara Membuat Minyak Bawang Yang Benar

Cara Membuat Minyak Bawang – Bawang putih yang mempunyai banyak manfaat kesehatan, lebih kita kenal digunakan sebagai bumbu masak dasar yang tidak boleh terlewat dalam setiap masakan.

Bawang putih mengandung senyawa sulfur termasuk zat kimia bernama Alliin. Ketika bawang putih dimemarkan/dihaluskan, zat aliin yang sebenarnya tidak berbau akan terurai.

Dengan dorongan enzim alinase, aliin terpecah menjadi alisin, Selain alisin, bawang putih juga memiliki senyawa lain yang berkhasiat obat.

Yaitu alil yang berkhasiat memerangi penyakit-penyakit degeneratif dan mengaktifkan pertumbuhan sel-sel baru.

Maka dari itu ada sebuah ide sebuah minak yang terbuat dari Bawang Putih mau tahu cara buatnya? Yuk baca saja dibawah ini.

 

Langkah dan Resep dalam Cara Membuat Minyak Bawang :

  1. Pertama – tama kita sediakan bahan seperti bawang putih dengan minyak zaitun dengan perbandingan 1 berbanding 4 yaitu Bawang putih 1 & dan Minyak zaitun 4.
  2. Lalu kita kupas kulit bawang putih dengan menggunakan tangan. Ada juga cara yang lebih praktis yaitu dengan menggunakan mesinpngupas bawang. Sehingga kita tinggal menunggu bawang terkupas dengan mesin pengupas bang tadi.
  3. Selanjutnya kita taruh bawang putih diwajan dengan minyak yang sudah kita siapkan sebelumnya. Bawang putih boleh dalam keadaan utuh atau di memarkan terlebih dahulu.
  4. Kemudian kita panaskan wajan selama kurang lebih 20 sampai 30 menit dengan menggunakan api berukuran kecil. Usahakan pemanasan wajan hanya berkisar suhu 60 sampai 90 derajat celcius.
  5. Langkah Selanjutnya kita saring bawang putih yang sudah disangrai. Kemudian kita masukan minyak bawang putih kedalam botol kaca atau stainlis steel.
  6. Terakhir hasil minyak bawang disimpan ditempat yang sejuk. Minyak bawang putih sebaiknya cepat digunakan.
  7. Atau bisa juga disimpan didalam kemasan botol atau cup yang kedap udara dengan menggunakan Mesin Cup Sealer atau alat sejenisnya.

Cara Membuat Minyak Bawang

Kebersihan pemprosesan akan sangat mempengaruhi ketahanan minyak bawang putih. Sebaiknya digunakan sebelum 2 bulan untuk menghindari munculnya bakteri botulism atau salmonella

Kita juga bisa menggunakan showcase berkualitas agar suhu dari minyak bawang tetap terjaga sehingga tahan lama. Selain itu showcase dapat menjaga kebersihan minyak bawang yang kita buat.

Kamu sendiri dapat memanfaatkan Mesin Es Krim jika kamu ingin mencoba eksperimen membuat Es Krim dengan bahan campuran berupa minyak bawang.

Sekian tadi cara membuat minyak bawang semoga bermanfaat bagi kita semua. Terutama bagi para pembaca semoga bertambah ilmunya.

Leave a Reply