Jenis – Jenis Alat Sterilisasi Medis | Baca Penjelasannya

Alat Kesehatan memiliki banyak sekali fungsi, salah satu diantaranya adalah untuk sterilisasi alat medis. Jadi alat medis ini berfungsi untuk mensterilkan alat – alat medis juga. Anda sedikit bingung dengan kata – kata saya ?

sterilisator

Silahkan lanjutkan membaca untuk dapat memahaminya.

Sebagian alat – alat medis ada yang digunakan secara terus menerus seperti alat – alat operasi. Dan alat lainnya yang digunakan secara bergantian seperti termometer, tongue spatel dan sejenisnya. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penularan infeksi dari pasien satu ke pasien lainnya. Proses sterilisasi tersebut tentu saja dilakukan dengan menggunakan alat.

Alat sterilisasi yang digunakan tersebut juga termasuk ke dalam alat kesehatan atau alat medis. Alat ini dinamakan sterilisator. Sterilisator memiliki beberapa jenis. Untuk sterilisasi alat – alat medis terdapat dua jenis yaitu sterilisator kering dan sterilisator basah (autoclave). Sebenarnya alat sterilisasi juga tidak hanya digunakan di Rumah Sakit dan Klinik. Di sector industri juga dibutuhkan alat ini. Sterilisator banyak dijual di toko alat kesehatan yang jual autoclave lengkap.

Oke sekarang kita lanjutkan pembahasan singkat tentang mengenal jenis alat sterilisasi medis yang digunakan di Rumah Sakit dan Klinik.

  1. Sterilisator Basah

    Salah satu diantara dua jenis alat sterilisasi yaitu sterilisator basah. Sterilisator basah disebut juga dengan Autoclave. Alat ini hampir menyerupai sebuah panci bertekanan tinggi. Autoclave bekerja dengan panas yang dihasilkan oleh uap panas bertekanan tinggi. Pada umumnya autoclave cocok untuk sterilisasi berbagai macam bahan.
  1. Sterilisator Kering

    Jenis sterilisator yang lainnya adalah sterilisator kering. Dinamakan “kering” karena tidak melibatkan air dalam proses sterilisasinya. Panas yang dihasilkan oleh sterilisator kering ini berasal dari radiasi inframerah bersuhu tinggi dari sebuah generator yang didesain sedemikian rupa sehingga cukup mudah digunakan. Sterilisator kering tidak cocok untuk mensterilisasi alat kesehatan yang berbahan karet atau plastic.

Nah demikianlah dua jenis alat sterilisasi medis yang banyak digunakan di Rumah Sakit dan klinik. Ada satu jenis lagi yang tidak kita sebutkan di sini yuitu lampu uv terilisasi. Alat ini secara spesifik digunakan untuk mensterilkan ruangan seperti ruang operasi rumah sakit atau ruang lain yang harus steril dari bakteri atau patogen lainnya.

Leave a Reply